7 CARA SIMPLE BELAJAR BAHASA INGGRIS! PASTI BISA!

7 cara Paling Simple belajar Bahasa Inggris

7 cara simple belajar Bahasa Inggris pasti membuat kamu Lebih Cepat dalam memahami dan menggunakan Bahasa Inggris.

Sebagai bahasa kedua, tentu mempelajari Bahasa Inggris sangat menantang. Tetapi saat kamu mulai sedikit memahaminya, kamu akan ketagihan untuk terus belajar mengasah kemampuan kamu.

Lalu apa sih 7 Cara Paling Simple belajar Bahasa Inggris?

1. Belajar Frasa bukan kata per kata.

Untuk mempelajari Bahasa Inggris, kamu akan menemui banyak kesulitan jika kamu memulainya dengan menghafal kata per kata. Kamu akan kebingungan dalam menyusun kata dan memilih grammar yang sesuai. Kenapa tidak menghafalkan per frasa atau kalimat saja sekalian.

Contoh:
I want to go to the market

Menghafalkan kalimat ini sambil memahami penggunaannya tentu lebih mudah dari pada menghafalkan kata per kata.

Misal: I= saya, want= ingin, dll

Semakin banyak kata yang dihafal, kamu akan semakin bingung dalam menyusunnya.

Dengan hanya 1 kalimat, kamu bisa mengubahnya menjadi banyak kalimat lainnya.

I want to go to the hospital
She wants to go to office
They want to go to ….

Kamu tinggal mempelajari pola kalimat dan peruntukannya.

Lebih mudah bukan?

2. Banyak Mendengarkan

Kamu tidak akan bisa mempelajari Bahasa Baru jika kamu belum pernah mendengarkan Bahasa tersebut diucapkan. Saat kita mulai belajar bahasa Ibu, yang pertama kita lakukan adalah banyak-banyak mendengarkan. Setelah cukup mendengarkan, kita akan mulai meniru. Maka dari itu, tahap mendengarkan ini sangat penting dalam belajar Bahasa Inggris.

Kamu bisa mulai mendengarkan hal-hal yang kamu sukai, musik misalnya. Selain itu kamu juga bisa menonton film berbahasa Inggris yang genre nya kamu suka.

3. Tau level Bahasa Inggris kamu

Untuk bisa menentukan mulai dari mana kamu belajar, kamu perlu tahu sampai dimana level kemampuan Bahasa Inggris kamu. Dari sini kamu bisa menentukan skill apa saja yang perlu kamu upgrade.

Kamu bisa dengan mudah mengetahui level belajar mu dengan mengklik link ini.

4. Prioritaskan kualitas, bukan jumlahnya

Mempelajari banyak kata dan kalimat tidak menjamin kemampuan bahasa Inggris kamu bagus. Kamu harus memperhatikan juga proses pemahaman kamu. mempelajari 1-2 kalimat setiap hari dengan memahami makna dan mempraktekkannya nya lebih baik daripada menghafalkan 10 kalimat tanpa paham untuk apa.

5. Latihan Mendengarkan dan Menjawab, bukan Mengulangi

Saat masih sekolah kita terbiasa diminta oleh guru untuk mengulangi kata/kalimat yang diucapkan. Ini bagus untuk melatih pengucapan dan pembendaharaan kata, tapi sayang nya tidak cukup untuk bisa berkomunikasi. Mempelajari Bahasa apapun, kita perlu untuk belajar merespon lawan bicara. Bagaimana cara mengungkapkan opini juga sangat diperlukan.

6. Mempelajari Grammar melalui cerita

Untuk memahami grammar, cara paling mudah adalah dengan menggunakan cerita dan diubah dari beberapa sudut pandang seperti sekarang, lampau atau masa depan. Dengan ini kita akan lebih mudah memahami perbedaan beberapa tenses tanpa perlu menghafal nama dan rumus-rumusnya.

Misal:
Everyday, I wake up at 5 o’clock. I drink water and then I take a bath.

Kita buat versi lampau:
Yesterday, I woke up at 5 o’clock. I drank water and then I taken a bath.

Setelah terbiasa menggunakan story seperti ini, kita akan memahami pola-pola dalam setiap kalimat. Ketika nanti kita ingin menyampaikan sebuat kalimat, kita akan otomatis mengacu pada pola tersebut tanpa harus sibuk memikirkan nama tenses beserta rumusnya.

7. Carilah Tutor

Mempelajari Bahasa Inggris otodidak sangat mungkin, tetapi kamu bisa menghemat waktumu dengan menemukan tutor yang cocok dengan kebutuhan belajar kamu.

Tutor sangat berpengaruh penting karena akan membantu kamu memahami materi dengan cepat dan juga bisa menjadi partner kamu dalam berkomunikasi.

Untuk menemukan Tutor yang tepat, kamu bisa mengikuti Program Inggris Go baik online maupun offline. Kamu bisa cek Programnya disini.

Dengan Program dan Tutor yang tepat, kemampuan kamu akan meningkat dengan sangat signifikan.

Berikut adalah 7 cara simple belajar Bahasa Inggris. Pasti kamu bisa bukan??

 

Alert: You are not allowed to copy content or view source !!