4 Tips Menghafal Kosakata Bahasa Inggris

4 Tips Menghafal Kosakata Bahasa Inggris

4 Tips Menghafal Kosakata Bahasa Inggris

4 Tips Menghafal Kosakata Bahasa Inggris. Menghafal kosakata dalam Bahasa Inggris merupakan tantangan terbesar dalam belajar Bahasa Inggris. Bagaimana tidak? Kita tidak akan bisa ngomong cas cis cus tanpa ada bank kosakata  Bahasa Inggris dalam otak kita. Maka dari itu kosakata atau yang sering disebut vocabulary merupakan elemen dasar yang sangat krusial untuk dipelajari.

Untuk memperluas pengetahuan Sobat Igo dalam mempelajari Bahasa Inggris, kosakata bisa dibilang sebagai sebuah jendela baru. Sobat Igo perlu menghafal banyak kosakata yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam kemampuan bercakap sehari-hari atau daily conversation. Semakin banyak kosakata yang kita tahu, akan semakin mudah kita mengembangkan bahasan.

Tapi, mengapa menghafa kosakata Bahasa Inggris itu masih menjadi kesulitan tersendiri ya? Tentunya ada beberapa alasan yang melatarbelakangi hal tersebut terjadi. Misal dari metode yang kurang tepat atau tidak cocok dengan karakter kamu.

Nah, disini mimin akan memberikan 4 Tips yang bisa Sobat Migo praktikkan dimanapun untuk mempermudah menghafal kosakata (vocabulary).Penasaran gimana caranya? Yuk, simak tips-tips berikut ini.

1.Menggunakan Aplikasi atau Games

Cara yang menjadi urutan pertama mimin adalah menggunakan aplikasi atau games. Apalagi di zaman milenial sekarang ini tidak akan menemukan kesulitan bagi Sobat Migo untuk tidak memiliki HP. Nah, ada banyak sekali aplikasi atau game yang dapat menunjang Sobat Migo untuk mudah menghafal kosakata Bahasa Inggris.

Contoh aplikasi yang bisa digunakan adalah Fluent U, Vocabulary Builder, Vocabulary English Cards dan lain lain. Jadi, tentukan aplikasi mana yang cocok utk Sobat Migo, lalu unduh dan gunakan aplikasi tersebut untuk melatih hafalan kosakata kamu.  Apalagi bagi Sobat Migo yang bisa berjam-jam mainan HP maka kualitas menghafal kamu akan lebih rutin karena bisa setiap saat buka aplikasi hafalan kosakata.

Adapun contoh games untuk menghafal kosakata adalah Scrabble. Scrabble menjadi salah satu permainan scrabble, pengguna akan ditantang untuk Menyusun sebuah kata dari huruf acak. Permainan tersebut cocok untuk kamu yang sedang berproses. Scrabble dapat membantu Sobat Migo mengingat dan mempraktikkan berbagai kosakata yang telah dipelajari. Tak hanya scrabble ada beragam permainan lainnya yang bisa kamu gunakan untuk melatih kosakata Bahasa Inggris, Cukup mudah, bukan?

2.Membuat Flash Card

Dalam menghafal kosakata Bahasa Inggris, Flash cards menjadi salah satu cara paling popular untuk di praktikkan. Sobat Migobisa unduh atau membeli dari toko online untuk Cardsnya yang seukuran kartu nama.  Dari situ Sobat Migo tinggal menuliskan berbagai kosakata apa saja yang ingin Sobat Migo hafalin.

Sobat Migo bisa menulis bagian depan untuk Vocabnya, lalu bagian belakang arti dari vocab tersebut. Setelah itu, kumpulkan menjadi satu.. Setiap hari Sobat Migo bisa berlatih secara rutin dengan membaca atau menebak arti dalam Flash card sebelum melihat arti sebenarnya dibalik kartu. Kemungkinan besar Sobat Migo akan segera mengingat kosakata tersebut jika dilakukan secara rutin.

Baca juga:

4 Hal Wajib Tahu Saat Berkunjung ke Kampung Inggris Pare

3.Membuat Catatan Kecil atau Notes

Membuat catatan kecil atau notes menjadi sebuah cara tradisional yang tergolong sederhana, tetapi efektif bagi sebagian orang yang ingin menghafal kosakata Bahasa Inggris. Sobat Igo bisa mulai mencoba membuat catata kecil saat nonton movie atau film Bahasa Inggris. Pertama-tama, Sobat Migo bisa menulis semua Vocab yang terasa asing.

Selanjutnya, Sobat Migo bisa mencari arti dari vocab tersebut. Jika sudah menemukan artinya, kamu bisa membuat daftar atau list kosakata. Sobat Migo harus rajin membaca kosakata tersebut setiap hari untuk menyimpannya dalam memori otak. Dengan begitu kosakata Bahasa Inggris kamu akan bertambah dan berkembang pesat dalam waktu yang singkat.

4.Menggunakan Metode Mnemonic

Sebuah teknik atau metode belajar yang digunakan untuk mengingat sebuah kosakata dengan membuat asosiasi atau akronim dari kata-kata disebut sebagai metode mnemonic. Dengan cara yang sederhana atau mudah. Kamu bisa menggunakan metode ini untuk mengingat sebuah konsep yang rumit.

Dengan cara menghubungkan kata-kata yang saling berhubungan, kamu akan menjadi jauh lebih pintar dan dapat menciptakan hal-hal kreatif. Untuk mencapai tujuan tersebut kamu perlu melakukan banyak Latihan.

Contoh paling dasar dalam penggunaan metode Mnemonic adalah sebuah Akronim, Misalnya kata FOCUS untuk Follow One Course Until Success.  Dengan metode ini Sobat Migo akan jauh lebih mudah  untuk menghafal vocab karena kamu bisa ciptain akronim versi kamu sendiri.

Itulah 4 Tips Menghafal Kosakata Bahasa Inggris dari Mimin. Semooga bermaanfaat dan jangan lupa juga baca berbagai materi blog kami yang lain. Cheers!

Baca juga:

Parts Of Speech: Pengertian, Jenis, Contoh dan Penggunaan

Alert: You are not allowed to copy content or view source !!